Saturday, December 10, 2016

8 Trik Agar Mudah Untuk Mengingat Semua yang Telah Kamu Baca

Hasil gambar untuk gambar membaca

1. Pahami Kalimat Awal
Bukan berarti kamu hanya membaca kalimat awalnya saja, namun dengan memahami kalimat pertama kamu sudah dapat gambaran dari material teks atau buku tersebut. Mudah memahaminya jadi membuatmu mudah untuk mengingatnya.

2. Ambil Catatan Pada Halaman
"Jangan membaca tanpa pensil," Garis bawahi kalimat yang menurut kamu membingungkan, menarik, atau penting. Buat garis sepanjang sisi paragraf penting, Menggambar diagram untuk melihat struktur ide-ide kunci."

3.Tanyakan Kepada Diri Anda Pertanyaan Tentang Materi 
Jika Anda membaca buku atau teks, pertanyaannya bisa sesederhana, "Apa gagasan utama dari bagian ini?"

4. Impress, Asosiasi, Ulangi
Bagian pertama adalah kesan. Anda dapat meningkatkan kekuatan kesan teks dengan membayangkan situasi di pikiran Anda atau membayangkan diri Anda berpartisipasi dalam sebuah acara presentasi.
Bagian kedua adalah asosiasi, atau menghubungkan bahan untuk sesuatu yang Anda sudah tahu. Sebagai contoh, mungkin salah satu dari nama-nama karakter terdengar seperti nama teman Anda.
Bagian ketiga adalah pengulangan. Semakin banyak Anda membaca materi, semakin kuat memori Anda. Jika Anda tidak ingin membaca seluruh buku, cobalah menyoroti beberapa bagian dari teks yang dapat Anda ingat kembali.

5. Perkenalkan Informasi Kepada Orang Lain
Jika Anda ingin mengingat apa yang Anda alami, penting untuk melakukan sesuatu dengan informasi itu itu. Blogging, atau mencoba untuk menjelaskan kepada orang lain apa yang Anda telah belajari. Jika tidak bisa menjelaskannya, mungkin Anda harus membacaya kembali.

6. Membaca dengan suara nyaring. 
Dengan begitu, kata per kata yang kamu baca bisa diingat dengan baik. Kecepatan membaca yang cenderung menurun bisa membantumu ingat akan topik-topik penting yang dibahas di dalam buku.

7. Baca di Atas Kertas
Satu studi menemukan bahwa, ketika orang membaca cerita pendek yang sama dalam paperback atau pada Kindle, pembaca novel lebih mampu mengingat kronologi cerita. Sementara itu, penelitian lain  menemukan bahwa siswa SMA lebih mudah memahami ketika mereka membaca teks di sebuah media cetak bukan pada layar komputer.

8. Pelajari Merata
"Yang saya maksud adalah tidak mencoba untuk menghafal semuanya. Sebaliknya, fokus pada konsep-konsep kunci yang mendasari lainnya. Jika Anda Pelajari bagian paling penting atau konsep, maka Anda mungkin bisa mengingat potongan lainnya dengan asosiasi atau derivasi logis. "











Share:

0 komentar:

Post a Comment