Monday, November 16, 2015

Tips Agar Anggrek Bulan Tetap Berbunga

Hasil gambar untuk anggrek bulan

Siapapun tentu terpikat dengan keindahan bunga phalaenopsis alias anggrek bulan. Biasanya tergantung pada tangkai-tangkai bunga yang keluar dari tanaman anggrek yang sedang melayang-layang bagaikan kupu-kupu mengikuti semilir angin yang kerap menggerakkan bunga-bunganya.

Penampilan memang eksotik. Phalaenopsis semakin populer di kalangan penghobi anggrek dewasa ini. Namun ada anggapan genus anggrek ini cukup sulit dipelihara, apalagi untuk membuat berbunga,  tapi ternyata dengan berberapa tips dan ketelatenan perawatan phalaenopsis dapat rajin berbunga.

Jika ingin memelihara dari kecil  atau botolan lebih baik membeli spesies hibrida yang sudah mempunyai nama. Ataupun dari persilangan nursery yang ahli dibidangnya.Pemilihan bibit yang baik adalah langkah pertama dan yang penting sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Jika membeli ukuran dewasa, maka kenalilah dulu sifat phalaenopsis sebelum membeli. Jangan lupa teknis perawatan dipelajari agar anggrek dapat tumbuh dengan baik.
Akar yang sehat mutlak dibutuhkan untuk pembungaan, jadi perhatian media yang dipergunakan agar akar phalaenopsis dapat tumbuh sempurna. Sifat media dipilih yang dapat menyerab air tapi tidak menyimpan air. Kombinasi media dapat dilakukan agar didapatkan sifat yang pas.

Hasil gambar untuk anggrek bulan
Tanpa akar yang sehat maka daun tidak akan tumbuh dengan baik. Ciri tanaman yang sehat biasanya daun baru akan tumbuh makin besar dan sama besar dengan daun sebelumnya. Janganlah daun agar tetap sehat karena pada organ ini yang berguna untuk memproduksi zat hara yang akan digunakan oleh tanaman.

Jangan sampai phalaenopsis kena hujan karena daunnya yang besar dan bergelombang sering menyebabkan air hujan tertinggal dan dapat menyebabkan jamur penyakit untuk berkembangbiak dan menyerang anggrek. Penyiraman secara teratur dilakukan secara teratur namun tidak berlebihan.

Pemupukan dilakukan pada kedua bagian daun atas dan bawah pada pada pagi hari sebelum cahaya matahari mengenai tanaman. Gunakan berbagai macam pupuk selang seling antara pupuk kimia dan pupuk organik. Jika tanaman sudah dewasa boleh menggunakan pupuk booster.

Phalaenopsis termasuk anggrek yang tergolong tidak tahan oleh sinar matahari langsung, sinar matahari pagi siang yang terhalang dedaunan termasuk paling baik untuk menunjang pertumbuhan vegetatif dan memicu pembungaan.

Anggrek bulan juga suka kelembaban, terlalu lembab akan menyebabkan jamur mudah berkembangbiak, terlalu kering dapat menyebabkan  tanaman anggrek dehidrasi. Untuk menjaga kelembaban dapat diletakkan tanaman paku-pakuan gentor air yang berisi tanaman di bawah pot phalaenopsis.

Sebagai anggrek epifit, phalaenopsis yang biasanya menempel pada pohon induk yang tinggi, dan  aliran angin yang semilir.kunci pemicu pembungaan phalaenopsis adalah jika terjadi perbedaan suhu.

       Hasil gambar untuk anggrek bulan
Share:

0 komentar:

Post a Comment